Jaga Kesehatan Mata Anak Dari Radiasi Gadget - parenting blogger indonesia

Wednesday, 20 June 2018

Jaga Kesehatan Mata Anak Dari Radiasi Gadget

Teknologi semakin berkembang dan maju dengan sangat pesat banget ya bu ibu. Ini nih yang bikin ibu – ibu dilemma. Mau kasih gadget ke anak tapi takut anak menjadi ketergantungan dan takut mata anak menjadi rusak, tapi kalau engga kasi juga nanti takutnya anak gaptek, dilema banget kan? Padahal jelas – jelas dampaknya buruk ya kalau memberikan gadget pada anak, selain mata anak menjadi rusak nantinya konsentrasi anak pun menjadi gampang teralihkan.

Coba deh perhatiin, sekarang banyak anak – anak yang sudah pakai kacamata ya. Zaman saya dulu kecil sih jarang banget anak – anak pakai kacamata kecuali kutu buku, hihi.

Kayak neng Marwah aja, kalau lagi libur dia minta “ jatah “ untuk main gadget, apalagi ini pas puasa, kalau ga dikasi dia alasannya pengen ngebuburit sambil main gadget, akhirnya dengan berat hati saya kasi deh izin untuk main gadget selama libur bulan puasa ini.


Dan kemarin neng Marwah mengeluhkan matanya perih dan neng juga sering gosok – gosok matanya. Duh saya takutnya kalau terus menerus neng Marwah main gadget bisa membuat mata nya lelah, mata lelah itu biasanya berdampak pada pandangan yang buram dan bisa sampai sakit kepala. Tapi sejauh ini alhamdulilah sih neng belum mengeluhkan pandangan yang buram atau sampai sakit kepala, jangan sampai deh.



Untuk menghindari supaya mata anak tetap terjaga tentu saja ya dibutuhkan jurus – jurus khusus untuk menjaga kesehatan mata anak. Karena zaman now gadget sangat sulit dipisahkan dari anak – anak , melarang sudah ga mungkin lagi kan bu ibu? Dan menurut saya juga bukanlah solusi yang bijak jika bener – bener melarang anak bermain gadget.


Nih saya ada beberapa solusi menghindari dampak buruk gadget untuk mata anak, diantaranya adalah :

JAGA JARAK
Menjaga jarak mata dengan layar gadget atau layar pc, jangan terlalu dekat. Begitupun ketika anak sedang membaca buku juga ga boleh terlalu dekat. Minimal berikan jarak 40cm. kalau jarak terlalu dekat ini bakalan bikin mata bekerja menjadi semakin keras, jadi selama anak sedang bermain gadget atau membaca buku perhatikan jaraknya ya bu.

TINGKAT KECERAHAN
Ibu – ibu wajib memperhatikan tingkat kecerahan pada layar gadget yang digunakan anak, karena kalau gadgetnya terlalu redup juga ga bagus untuk mata  anak, tapi kalau terlalu cerah juga nanti mata anak bakalan kaget dan cepat lelah. Jadi harus standar saja kecerahannya.

JANGAN MAIN GADGET DALAM KEGELAPAN
Menggunakan gadget dalam ruangan gelap akan membuat mata bekerja lebih keras dan bakalan cepat lelah juga, jadi mendingan main gadget diruangan yang terang.

BERI WAKTU MATA ISTIRAHAT
Bermain gadget dalam waktu lama bakalan bikin mata cepet lelah, biasanya kalau mata lelah itu akan terasa tegang, perih, panas dan gatal. Jadi biarkan anak mengistirahatkan matanya dengan memberikan jadwal untuk bermain gadget, misalnya anak bermain gadget sehari hanya 3 jam saja, ini semua demi kesehatan mata anak supaya otot mata anak lemas dan otot – otot mata menjadi lebih fokus lagi bekerjanya.


BERIKAN SUPLEMEN UNTUK MENJAGA KESEHATAN MATA ANAK
Jaga kesehatan mata anak dengan memberikan suplemen yang mengandung luthein dan Zeaxanthin yang gunanya untuk meningkatkan ketajaman mata, mengatasi mata lelah, mengurangi resiko katarak dan penyakit mata lainnya. Untuk urusan suplemen untuk menjaga kesehatan mata neng Marwah, saya percayakan pada Eyevit. 


Kenapa saya memilih EYEVIT? 

Vitamin mata EYEVIT ini mampu meningkatkan kesehatan mata anak dari resiko miopia dan juga bisa meningkatkan ketajaman fungsi penglihatan. Apalagi kandungan - kandungan yang terkandung dalam EYEVIT ini memang sangat berguna sekali untuk kesehatan mata anak dan juga mata orang dewasa.

Apa saja sih kandungan dalam EYEVIT ? 

Buah Bilberry 

Buah Bilberry mengandung banyak manfaat loh bu ibu, diantaranya adalah untuk mengatasi gangguan pembuluh darah dan juga penyakit mata karena buah Bilberry mengandung zat aktif yang dikenal dengan antosianosida atau istilah keren dan bekennya itu antioksidan, bagus ini buat vitamin mata.

Bilberry juga bisa mencegah katarak loh, mampu juga mengurangi mata minus atau yang bermasalah dengan penglihatan buram dan rabun senja karena ada kandungan flavanoids nya yang membangun kolagen didalam pembuluh darah mata.



Ketika usia mulai bertambah, maka sel - sel mata bakalan mulai mengalami kerusakan, nah Bilberry inilah yang akan membantu menghentikan penyebaran degenerasi makula yang diakibatkan kerusakan retina.

Adapun fungsi dari Bilberry itu sendiri adalah sebagai :

  • Antioksidan, sampai 20kali dari vitamin C dan bisa sampai 50kali dari Vitamin E . 
  • Mampu meningkatkan metabolisme retina.
  • Mencegah kerusakan pada retina.
  • Mampu meningkatkan perbaikan pada sensitivitasnya retina.
  • Meningkatkan ketajaman penglihatan mata.
  • Mampu meningkatkan penglihatan pada malam hari.
  • Menurunkan rasa silau karena cahaya. 

Banyak kan fungsi dari Bilberry nya.


Lutein 

Lutein itu merupakan zat aktif yang sangat baik digunakan sebagai vitamin mata karena mampu menjaga kesehatan mata, mampu juga menjaga supaya mata minus engga bertambah. Lutein ini engga bisa disintesis dalam tubuh, jadi perlu dari asupan makanan. Dengan lutein maka perbaikan fungsi penglihatan akan mulai terasa dalam 1 - 2 minggu an.


Lutein memiliki fungsi baik untuk kesehatan mata, diantaranya adalah : 

Melindungi fungsi penglihatan, 
Lutein akan memberikan karotenoid yang alami, karotenoid itu semacam bahan aktif yang biasanya ditemuin dalam wortel. Jadi baik banget bu ibu jika membiasakan anak konsumsi wortel yah. Kandungna lutein juga mampu menjaga supaya mata minus itu ga nambah minusnya.

Memperkuat retina,
Fungsi retina itu akan menurun loh seiring bertambahnya usia atau ketika kekurangan asupan nutrisi. Mata harus selalu dipastikan terlindungi dari paparan sinar matahari langsung. Lutein juga mampu melindungi retina dari kerusakan dan mampu menjaga fungsi penglihatan supaya tetap dalam tingkatan optimal. 


Zeaxanthin 

Zeaxanthin ditambah dengan lutein adalah jenis karotenoid satu - satunya dalam makula mata, inilah yang akan menyerap sinar biru yang berbahaya, ini juga yang melindungi mata dari degenerasi dan juga dari katarak.


Ketika zeaxanthin dirasa jumlahnya cukup dalam area makula, maka penglihatan akan nampak jelas dan kemudian menyampaikan ke otak. Namun jika kekurangan zeaxanthin dan lutein akan menyebabkan AMD (degenerasi makula) yang terkait kebutaan, katarak, astigmatisme, presbiopia, miopia pseudo dan juga kelelahan pada mata.


Dan kandungan lainnya yang terkandung dalam vitamin mata EYEVIT. EYEVIT adalah satu - satunya suplemen untuk mata yang formula nya komplit, perpaduan Bilberry, Lutein dan juga Zeaxanthin dan komponen antioksidan lainnya yang mampu mengatasi radikal bebas yang bisa merusak mata.


EYEVIT ini alhamdulillah saya andalkan untuk melindungi mata neng Marwah dari paparan sinar biru dari gadget yang akan merusak matanya jika tidak dilindungi. Neng Marwah konsumsi EYEVIT Syrup sehari 2 kali 1 sendok teh, karena kan usianya neng sudah antara  6 - 12 tahun. Kalau untuk usia 1 - 6 tahun bisa dikasi 1/2 sendok teh saja sehari 2 kali. Kalau ibu dan ayah nya konsumsi EYEVIT yang tablet sehari 2 - 3 kali 1 tablet .

EYEVIT ini alhamdulillah aman dikonsumsi dalam jangka waktu panjang, karena kan ini herbal jadi aman dong. Untuk informasi lengkap dan mau tes mata gratis langsung saja ke : http://eyevit.co.id/ .



With love,


Ibu



45 comments:

  1. Wah ini solusi bangetbya Teh, nanti saya cek ah vitamin mata untuk dewasa buat saya hehe, tfs ya🤗

    ReplyDelete
  2. ya ampun ini bener bgt bisa aku rekomendasiin buat keponakan aku nih maacih teteh sharingnya, aku jadi tau deh

    ReplyDelete
  3. kayaknya anak juga sebaiknya minum ini deh buat kesehatan mata. Sekarang mah banyak anak yang suka main gadget ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya anak - anak sekarang sukanya main gadget sih yah

      Delete
  4. Wah ini cocok banget buat suplemen anak jaman now. Bayi-bayi aja udah dikasih nonton YouTube. PR juga nih buat anak-anakku nanti huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh bener, baby yutub ya banyaknya

      Delete
  5. Replies
    1. EYEVIT tersedia dalam 2 kemasan, EYEVIT Sirup untuk anak usia 1-12 tahun, sedangkan EYEVIT kaplet untuk 12 tahun keatas :)

      Delete
    2. Ada untuk dewasannya juga teh yayu yang kaplet

      Delete
  6. Jav sering liat iklannya di tv, dan pengen dibeliin ini hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beliiiii jav untuk kesehatan mata hehehe

      Delete
  7. Iya kadang khawatir dengan semakin mudahnya balita memainkan gadget, bahaya mengancam jika terus dibiarkan anak kecil bermain hape.Semoga EYEVIT menjadi salah satu solusi penyembuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, insya allah menjadi solusi dan jangan lupa jadwal bermain gadget dibatasi hehehe

      Delete
  8. Lebih baik menjaga daripada mengobati, ya. Sebelum kena penyakit lebih baik mencegah dan menjaganya sejak dini. Apalagi mata sangat penting dalam kehidupan ini.

    ReplyDelete
  9. Sedih ya liat anak kecil sudah pakai kacamata karena akibat radiasi gadget huhu.. anak-anakku juga suka main gadget mba.. tapi memang kita batasi jam pemakaiannya.. untuk jarak dan tingkat cahaya memang belum aku pantau.. tipsnya berguna mba.. semoga ngga sampe mata anak-anakku rusak akibat radiasi gadget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makanya harus ada penangkalnya, insya allah.

      Delete
  10. Wah baru tau ada vitamin ini kesehatan mata , kayaknya cocok banget nih buat anak-anak saya yang suka maen gadget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya anak2 zaman now sukanya main gadget

      Delete
  11. Wah ada ya vitamin mata, biasanya di posyandu nunggu 6 bulan sekali, sekarang lebih praktis bisa kasih vitamin mata untuk anak.

    ReplyDelete
  12. Wah perlu banget nih Vito minum asupan untuk kesehatan mata. Makasih sharingnya ya, Teh.

    ReplyDelete
  13. Wah, ini si teteh banget nih. Dia suka baca dan main gadget. Sejak dia kelas 1 SD. Sejak bisa baca. jadinya gitu, matanya minus. Dan baru ngomong saat kelas 2 SMP. Jadinya minus 4 dan 4,5 deh. Kudu nyoba Eyevit ini kayaknya. Biar minusnya bisa berkurang

    ReplyDelete
  14. Sayang banget memang bila anak-anak kecil jaman sekarang penglihatannya jadi kurang bukan karena banyak baca buku, tapi karena main Gadget. Tipsnya bermanfaat 👍 buat banyak orang agar bisa menjaga kesehatan mata dari sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga anak - anak zaman now bisa membatasi bermain gadget yah

      Delete
  15. Itulah sebabnya anak2 jarang aku kasi gadget.
    Btw aku minum Eyevit jg saat mataku lelah beberpa waktu lalu, tapi yang tablet hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga kl mata lelah suka langsung minum eyevit

      Delete
  16. Anakku mikha 5 tahun udah pake kacamata mba, dan dia emang maniak gadget banget, aku coba deh kasi eyefit, makasi jg tips and advice nya mba, kadang mikha Suka main gadget di cahaya yg krg, nanti aku coba kurangi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya susah yah anak sekarang tuh pada suka banget main gadget

      Delete
  17. menarik mbak ulasannya, mengingatkan soal kebiasaan anak saya juga yang suka main gadget di kegelapan.

    saya juga jadi tertarik dengan eyefit ini, mata saya sering pedih ketika melihat layar laptop walau sebentar

    ReplyDelete
  18. Duh ternyata bahaya ya mbak kalau layar hp nya kecerahan? Saya pikir kl rada gelap itu yg gak bagus utk kesehatan mata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa jadi jangan terlalu cerah dan ga terlalu gelap juga

      Delete
  19. Iya ya... ini benar benar masalah buat mata jika sudah keasyikan main gadget. Makasih ya tipsnya akan di praktekin deh selama ini pakai gadget kurang was dalam mengontrol cahaya pada gadget. Oh ya bagus nih ada vutamin untuk mata juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kunci utama nya ya main gadgetnya dijadwalin

      Delete
  20. Suplemennya bagus. Kombinasi tepat untuk mata sehingga bisa menjga kondisi kesehatan anak. Yang strip juga simpel dibawa kemana mana. Yang paling penting, mata harus istirahat dari gadget

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget yang penting istirahat mata nya jangan main gadget terus

      Delete
  21. Iyaa niih...
    sejak Ramadan kemarin, aturan main gadget jadi bertambah porsinya.
    Truuuss keterusan sampai mudik di bulan Syawal.

    Semoga dengan eyevit, bisa membantu mempertahankan kesehatan mata anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya insya allah sambil dijadwalin waktu bermain gadget nya

      Delete
  22. Anak saya ga suka main henpom dk kegelapan cuma kadang bablas nonton maunya dekat2 bgt. Kuatir juga sih

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)

@tianlustiana