Thursday, 20 September 2018

# bekal sekolah # tips ibu

Tips Agar Anak Mau Menghabiskan Bekal Cinta Dari Ibu

Assalamualaikum, 

Sejak neng Marwah TK, ibu emang selalu menyempatkan untuk bikin bekal. Karena kan ibu kerja, jadi ibu ga tau kan neng jajan apa atau makan apa, jadinya ibu bertekad untuk selalu memberikan bekal snack dan makan siang, biar neng ga jajan sembarangan.  Kan kalau jajan sembarang ga baik buat kesehatan. 



Terus ibu pikir kalau neng Marwah terbiasa membawa bekal sejak TK kan nantinya neng bakalan terbiasa, jadinya engga akan jajan sembarangan deh. Tapi emang bener loh, kebiasaan membawa bekal ini terus konsisten dilakukan sejak TK sampai sekarang neng kelas 4 SD, Alhamdulillah neng termasuk anak yang jarang jajan. Jajannya pasti barengan ibu, ga pernah jajan sendiri. Kalau mau jajan juga harus diperlihatkan dulu sama ibu atau sama nenek, boleh apa engga dikonsumsi sama neng.


Lah, emang ga capek ya bu kan kerja juga terus masih sempet ya bikini bekal buat neng Marwah?


Ya nih kadang beberapa temen ibu suka nanya gitu, emang sempet bikin bekal? Kan kamu kerja juga, gitu katanya. Demi anak mah apapun dilakukan bu ibu. Meskipun saya kerja namun tetap saya paksakan untuk memasak bekal untuk neng Marwah sendiri. Mulai dari snack sampai makan siangnya. 

Seneng banget deh, apalagi kalau bekal sekolahnya habis, bahagia kan bu ibu? 



Eh tapi gimana nih kalau pas bekalnya gak abis? Sedih ya, udah semangat masak bekal eh ga dihabisin. Saya pernah juga merasakan itu. Sedih kan kalau udah capek - capek masak eh tapi ga diabisin sama anak, hiks. 

Kenapa ya kok bekalnya neng Marwah ga abis, itu yang saya pikirin. Saya mikirin apa sih alasannya, kenapa ya kok bekalnya ga diabisin. Semangat masih membara untuk membuatkan bekal sekolah, saya ga mau berhenti bikin bekal. Makanya saya cari tau alasan kenapa bekalnya ga abis. Saya yakin, neng Marwah pasti punya alasan tersendiri kenapa dia ga abisin bekalnya. Jadi langkah awal yang saya lakukan adalah BERTANYA pada neng Marwah. 



Ternyata jawabannya adalah : 

" Bu, aku keasyikan ngobrol sama temen - temen, pas mau dilanjutin makan eh udah keburu bel masuk, ya udah ga diabisin" 

alasan lainnya : 

" Bu, ini kebanyakan atuh bu, lain kali mah dikit aja ya bu" 

alasan lainnya lagi : 

" Bu, aku ga abisin karena aku kurang suka sama lauknya" 

Oke, saya pun sudah mengantongi alasan - alasannya. Alhamdulillah sih ya neng Marwah itu orangnya terbuka banget sama saya, jadi kalau saya tanya ya dia jawab dengan sejujurnya. Mungkin butuh more effort kalau nanya terus anaknya ga mau bilang, ya tandanya ibu harus mencari jawaban sendiri, hehe. 



Sejak saya tau alasan neng Marwah kenapa ga abisin bekalnya, saya pun menyesuaikan porsinya dan alhamdulillah sampai sekarang ga pernah tuh ada sisa di kotak makan siangnya, alhamdulillah selalu habis dan selalu bilang " Ibu masakannya enak" ah hati ibu langsung meleleh. 

Dan inilah beberapa tips supaya anak menghabiskan bekalnya dengan ikhlas, hehe. Jadi saya siapkan beberapa strategi nih hingga akhirnya neng Marwah mau menghabiskan bekalnya, ga pernah sisa lagi deh. 



Mari rencanakan bekal, 
Saya tuh selalu nanya sama neng Marwah, mau bekal apa sekolahnya. Neng Marwah pun jadi lebih semangat tuh karena dilibatkan langsung. Jadi anak juga bisa milih mana makanan yang ia suka dan tidak suka. Yang penting saya selalu "menyelinapkan" sayuran dan buah untuk bekalnya. Ke pasar bersama neng Marwah ketika libur juga jitu loh, neng jadi merasa dia yang sudah "bekerja" atas bekalnya jadi dia merasa punya tanggung jawab untuk selalu menghabiskan bekalnya. 

Bekal yang mudah dimakan, 
Neng Marwah tuh paling malas kalau bekal sekolah yang ribet, misalnya saya bawain ikan yang ada tulangnya, dia suka protes. Katanya "ribet bu jangan kasi bekal makanan ribet, kan waktu istirahat ga lama buat makannya" Jadi untuk bekalnya saya buatkan yang mudah dimakan saja. Jadi anak pun ga ribet lagi ya kan? 



Hias bekalnya, 
Saya ga pinter menghias bekal anak, tapi saya selalu berusaha membuatnya. haha, apapun hasilnya yang penting bekal neng Marwah terlihat menarik, hehe. Biar neng semangat makannya. 



Sesuaikan porsinya, 
Kalau untuk nasinya saya gak pernah kasi banyak, dikit aja. Untuk sayurnya pun gitu ga banyak - banyak, tapi tergantung request deng, kadang neng suka minta banyak juga. Jadi untuk porsinya mending disesuaikan saja sama keinginan anak. Takutnya kalau dikasi dikit eh malah masih lapar, kalau dikasi banyak eh malah ga abis, jadi mending tanyain aja langsung ke anak. 

Bekal makanan kesukaannya, 
Saya selalu ijinkan neng untuk memilih makanan kesukaannya, mulai dari snack sampai makanan berat. Untuk makanan pun saya ga khawatir sama pilihannya karena neng Marwah ga susah dikasi ikan dan sayuran. Tapi kalau untuk snack saya agak "riweh". Ya karena saya ga suka kalau neng Marwah jajan sembarangan, jadi untuk snack aja harus bekal dari rumah, hehe. Untuk saja snack favorite nya neng Marwah sudah "lulus" uji dari ibu haha. 



Ngomong - ngomong nih, snack favorite neng Marwah itu ternyata enak banget loh, ibu juga suka. Ada rasa kacang dan juga cokelat. Penasaran ya apaan sih snack favoritenya neng Marwah dan ibunya? 


"JULIE’S PEANUT BUTTER SANDWICH DAN JULIE'S CHOCOMORE"

Sebelum saya memberikan makanan untuk snack pada neng Marwah biasanya saya suka cek ricek kehalalannya dulu kemudian nutrition fact nya. Dan alhamdulillah untuk Julie's ini aman kok. 





Julie's, biskuit favorite neng Marwah ini ternyata sudah dibuat sejak tahun 1981 (ibu malah belum lahir loh) di Malaysia. Pengolahannya pun dibuat dari bahan - bahan terbaik, rendah kalori pula loh (ini ibunya suka biar ga bikin gendut), tanpa bahan pengawet dan juga tanpa pewarna buatan. Wah wah, alhamdulillah ya ada biskuit yang memiliki kandungan nutrisi yang oke, kalorinya rendah, sehat pula dan yang penting aman dikonsumsi. 

Julie's Peanut Butter Sandwich 

Biskuit yang berisi selai kacang alami yang mengandung lemak tak jenuh. Ini bisa mengurangi tingkat kolesterol jahat loh. Kacang tanahnya mengandung vitamin E, niacin, folat dan juga ada kandungan proteinnya. Jadi bisa ngemil sehat kan gaes? 
Julie's peanut butter sandwich ini tuh favoritenya ibu dan ayah loh. 

Juli'es Chocomore

Ini adalah varian favoritenya neng Marwah. Sekali makan bisa sebungkus habis loh. Rasa cokelatnya terasa banget, rasa biskuitnya juga enak cokelat banget. 

Ada lomba #BekalCintaJulies

Ngomong - ngomong nih, julie's peanut butter sandwich atau julie's chocomore ini bisa dikreasikan loh menjadi menu bekal untuk anak tersayang. Lagi ada lombanya juga tuh gaes, jadi buat yang sering berkreasi membuat bekal anak wajib banget ikutan karena lombanya hanya sampai 30 September 2018 saja, jadi buruan ikutan sekarang. 

Lomba #BekalcintaJulies ini hadiahnya bikin mupeng loh, ada satu pemenang utama dan lima pemenang hiburan. 

Mau ikutan kan? Nih cara  - caranya : 

  1. Temen - temen beli biskuit Julie's peanut butter sandwich 90gram atau julie's chocomore sandwich. 
  2. Terus temen - temen foto bekal makanannya dengan kreasi biskuit julie's terus ceritakan cerita menarik dibalik #BekalCintaJulies ala temen - temen. 
  3. Kemudian langsung deh upload ke facebook atau instagram, jangan lupa untuk mention instagram atau facebook julies dan gunakan hashtag #BekalCintaJulies. Untuk lebih jelasnya sih temen - temen bisa langsung saja baca - baca ya di http://bit.ly/BekalCintaJulies  . 

Selamat berkreasi !!! 



Wassalam,


Tian lustiana 









14 comments:

  1. jawabannya sama kaya keponakan aku tuh teh, kalau pulang ke rumah terus gak abis makanannya pasti gitu, ko bisa gitu ya makan tapi lupa. eh ternyata engga keponakan aku doang yang begini hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya anak- anak sekarang emang gitu, ada aja alasannya hihihi.

      Delete
  2. Nabil kadang abis bekalnya, kadang enggak. Biasanya abis kalo makanannya enak 😂 jadi standar enak engga masakan saya kalo nabil makannya abis. Aheuheu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya bener, kalau masakan enak pasti abis ya Lu

      Delete
  3. Rajin banget Mama Marwah, jadi pengen coba yang rasa cokelat deh🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus rajin haha, yang cokelat juga enak loh

      Delete
  4. Ah, sungguh beruntung Neng Marwah punya ibu serajin Tian, deh! Dulu, wkt Intan TK bekalnya apa ya? Haha. Udah lupa. Tapi begitu masuk SD, karena makan siangnya disediakan dari sekolah, jadi Intan ga bawa bekal lagi.

    Marwah, beruntung deh kamu, Nak, ibu rajin banget nyiapin bekal, ya?
    Anak-anak memang paling males kalo dibekali makanan yang ribet, ya, Tian? Pasti ga akan dihabisin, udah males duluan merekanya. Untung sekarang banyak variasi makanan yang bisa diolah ya, dan GA RIBET. :)

    ReplyDelete
  5. Teh, sekarang aku nanya dulu ke anak malamnya, "Besok mau bekal apa? Mami buatkan, janji dimakan yaa". So far bekal bukan makan berat teh, camilan memgenyangkan aja seperti makaroni schotel, nasi goreng udang porsi ga banyak, muffin, pizza, cupcake, puring sama buah-buahan :) Dengan ngobrol dulu dan anak ikut decide mau bekal apa jadi lebih optimis bekalnya disantap, dan bener aja, cara ini lebih efektif Alhamdulillah.

    ReplyDelete
  6. Teh, sekarang aku nanya dulu ke anak malamnya, "Besok mau bekal apa? Mami buatkan, janji dimakan yaa". So far bekal bukan makan berat teh, camilan memgenyangkan aja seperti makaroni schotel, nasi goreng udang porsi ga banyak, muffin, pizza, cupcake, puring sama buah-buahan :) Dengan ngobrol dulu dan anak ikut decide mau bekal apa jadi lebih optimis bekalnya disantap, dan bener aja, cara ini lebih efektif Alhamdulillah.

    ReplyDelete
  7. Wah ibu memang jempol deh. Bekal yang ibu buat tiap hari nunjukin kalo ibu memang sayang banget sama neng marwah. 'Bekal cinta' banget deh😍

    ReplyDelete
  8. Akmal kalau bekal sekolahnya sesuatu yang dia pengenin pasti habis. hihihi, kalau ngikutin selera aku kadang suka gak habis.

    ReplyDelete
  9. Kalau bekalnya kayak gini mah kayaknya bakalan habis deh bekalnya, tampilannya aja sudah menarik hati, enak pisan sigana

    ReplyDelete
  10. Ya ampun Teteh jagoan. Bekalnya lucu-lucu banget 😍

    ReplyDelete
  11. Anak saya dulu bawa bekel tapi lama2 ga mau lagi karena teman2nya banyak yang pesan ketring dari kantin sekolah, akhirnya anak saya ikut ketring tapi lama2 bosen juga dia sama makanan kantin :( akhirnya sekarang dirumah kalau pagi wajib sarapan dulu & disekolah dia bisa jajan di kantin

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)

Follow Us @soratemplates