Thursday, 18 October 2018

# cerita marwah # parenting

Tahap Perkembangan Sosial Anak Pada Usia 10 Tahun

Assalamualaikum, 

Gak kerasa banget, neng Marwah sekarang sudah 10 tahun. Duh rasanya baru kemarin deh ibu hamil, melahirkan dan menyusui neng, eh sekarang udah mau jadi anak remaja. Kok waktu begitu cepat berlalu yah. Sebagai anak tunggal, ibu tuh kagum dan bangga banget sama neng Marwah, karena neng Marwah itu ga pernah manja, ga pernah tantrum dan selalu mau mengalah pada teman  dan saudaranya, bahkan orang - orang gak nyangka kalau neng Marwah itu anak tunggal, disangkanya neng punya adik. Padahal neng belum punya adik ya nak, insya allah nanti juga bakalan punya adik yah. Mudah - mudahan dimudahkan sama Allah ya. 


Sekarang neng sudah memasuki usia pra remaja (10 - 12 tahun), neng mengalami transisi menuju kedewasaan yang tentu saja nanti bakalan mempengaruhi pada kemampuan sosial neng Marwah, kemampuan fisiknya juga kemampuan kognitif nya. Dan itu terlihat sekali neng Marwah yang mulai lebih mandiri dan mampu menyelesaikan masalah plus juga sudah bisa lah dikit - dikit menata perilaku sosialnya. Alhamdulillah, ibu seneng banget deh. 


Ada beberapa perubahan yang terjadi pada neng Marwah diusia yang 10 tahun ini. Terutama pada pertemanannya dengan teman - temannya. 

Neng sudah bisa mengenali teman yang baik 
Sekarang neng udah bisa milih teman, neng udah bisa merasakan mana teman yang bikin dia nyaman dan enggak. Anak - anak pada usia ini tuh sudah bisa mengembangkan kemampuan sosialnya dalam menerima teman yang baik dan tidak, menurut versi anak. Saya sih ga masalah kalau neng suka milih teman, saya bebaskan pada nya untuk milih teman mana yang bikin dia nyaman asalkan neng harus tetap dan selalu berbuat baik pada semua orang. 




Neng sudah bisa mengenali kadar pertemanan
Sejak neng menginjak usia 10 tahun, keterampilan sosialnya bertambah jadi neng sudah bisa tau lingkar dan juga kadar pertemanan. Neng sudah mulai paham tentang sahabat, paham tentang mana teman biasa dan mana teman yang sekedar kenalan saja. Keterampilan ini memang harus dipersiapkan, untuk apa? Untuk agar anak bisa menempatkan diri dalam pergaulan sosialnya. Kalau anak gak dibekali keterampilan sosial ini dalam bertoleransi takutnya anak menjadi anak yang pencemburu, baperan dan susah buat nerima lingkungan. Jadi tugas ibu sebagai orang tua sebaiknya mendorong anak untuk memiliki pergaulan yang luas dan jangan lupa bekali toleransi, empati dan jangan egois. 


Jadi untuk pertemanan neng sekarang suka cerita mana saja temennya yang baik dan yang suka usil, yang suka "ciyeh - ciyeh". Kadang suka lucu banget dengerin curhatnya neng hihi ibu nahan ketawa karena tar kalau ibu ketawa neng nya anggep ibu ketawain, jadi ibu ketawa dalam hati saja deh. 

Ibu bersyukur banget, neng itu seneng cerita sama ibu, seneng curhat sama ibu. Semoga sampai besar neng selalu terbuka sama ibu yah sayang. Aamiin. 



Wassalam,





53 comments:

  1. alhamdulillah mau ya cerita sama ibunya..anak saya laki 11 th kadang utk masalah tertentu harus saya yg duluan tanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya alhamdulillah neng Marwah mau cerita heheh, beda ya perempuan sama laki - laki itu.

      Delete
  2. Neng, anaknya Mak Tian seumuran anakku ya, anakku laki-laki usia 9 tahunan, dia sudah bisa memilih teman juga, mana yang sering dia ceritain, mana yang dia suka cuek. Alhamdulillah ya, saya juga terus mengupayakan supaya anak saya ini mau terbuka kepada saya dalam hal apapun,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak saya juga pengennya sampe dewasa neng Marwah tetep mau cerita sama saya, aamiin

      Delete
  3. Alhamdulillah, semoga Neng nantinya tumbuh menjadi wanita soleha. Aamiin..
    Usia 10 tahun di mana usia pra remaja tentunya mulai paham, mana teman yang baik dan mana yang jahil. Semoga apa-apa selalu terbuka sama ibunya, dan berkembang dengan baik.

    ReplyDelete
  4. Anak saya baru 3,5 tahun, dan emaknya kadnag masih meraba bagaimana sebaiknya bersikap dengan bocah. Kudu banyak belajar soal parenting dan tahapan pertumbuhan anak nih. Biar nantinya nggak salah memahami serta bersikap.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah.. emang anak cepet bgd bedenya ya mak.. bener2 ga kerasa. Jd kangen masa2 anak bayi dulum hihi

    ReplyDelete
  6. Wah, hebat Marwah. Moga bisa berkembang lebih baik ya keterampilan sosialnya.

    ReplyDelete
  7. Subhanallah, semoga neng menjadi pribadi yang sholeha. Masa remaja si anak memang perlu teman bicara yang bisa dijadikan sahabat, bersyukur ibunya bs jadi sahabat si anak.

    ReplyDelete
  8. Semoga jadi anak yang sholehah, cerdas dan selalu jadi kebanggaan orang tua ya, neng Marwah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasih doanya, semoga Allah SWT mengabulkannya

      Delete
  9. Waalaikumsalam

    MasyaAllah, udah gede aja ya. Saya juga suka merasa begitu. Baru rasanya hamil dan melahirkan, tau2 udah gede aja.

    Semakin usia anak bertambah maka semakin berat tugas ortu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, 10 tahun ga kerasa banget ternyata yah

      Delete
  10. Welcome tuh dunia remaja, Tian. Dunia yang lebih heboh dari dunia kita sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, saya jadi cant wait nih menantikan dunia remajanya Marwah

      Delete
  11. Cantik anak gadisnya Mbak sudah ABG ya pasti makin banyak skill dan pengetahuan juga

    ReplyDelete
  12. Wah, tyt anak mb tian udh gede ya. Ak kr kita seumuran. He. Hebat y g prnh tantrum n mcm2. Waktu emg ga kerasa ya, gmn nnti perasaanku klo anakku udh segede ini ya. Yg ak khawatirin sih relasi anak sm bundanya. Krn anak kn sdh mengenal teman akrab dll.. Brkrg ga ya bondingnya. Heu

    ReplyDelete
  13. Neng Marwah hebat ya, meskipun anak tunggal tapi enggak manja...

    ReplyDelete
  14. Ya Allah udah mau remaja ya Neng. Jadi deg2an anakku bsk gimana

    ReplyDelete
  15. Ini bagus mba, anaknya mau curhat apa saja dengan orang tuanya. Jadi tahu anak2 berteman dengan orang sperti apa, lingkungannya bagaimana. Karena tantangan jadi ibu di zaman milenial ini gak mudah banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mudah2an sampai besar neng mau curhat yah sama ibunya hehe

      Delete
  16. Semoga lekas dapet adik ya Nak Marwah. Cantik putih euy. Semoga sehat teruuus.

    Seneng ya Mak klo anak mau terbuka, jadi gak was was dengan permasalahannya.

    ReplyDelete
  17. Masyaallah. Usia anak segini adalah usia yang paling bikin hati saya deg2an hihihi. .

    ReplyDelete
  18. makin besar ya neng Marwah
    masa pree teen gini juga challenging ya buat Ibunya

    ReplyDelete
  19. Asyik ya, Teh. Semakin besar bisa jadi kayak sahabat. Bisa jadi tempat ngerumpi dan curhat hihihi

    ReplyDelete
  20. Semoga Neng Marwah tumbuh besar dan dewasa yang semakin sholehah. Alhamdulillah, meski anak semata wayang neng Marwah jadi anak yang mandiri, baik hati dan friendly ya Mbak. Disamping anak yang baik, sholeh/sholehah ada ibu yang luar biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin allahumaamiin, makasih doanya. Semoga Allah meng ijabahnya

      Delete
  21. Aamii mbak moga sampai gede anak2 masih suka curhat sama kita ya, ortunya. Ya meskipun temannya makin tambah banyak....

    ReplyDelete
  22. Semoga tumbuh jadi anak yang pintar dan jadi kebanggaan orangtua ya neng..

    ReplyDelete
  23. Semoga tumbuh makin sehat dan kuat ya Neng Marwah. kayaknya selisih beberapa bulan lahirnya sama Chila anakku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih doanya. Doa yang sama untuk Chilla yah

      Delete
  24. Semoga semakin sholihah, ya, Neng ^^

    ReplyDelete
  25. Sudah menginjakan dunia remaja nih, semoga bisa menjadi teman yang baik mbak. Kalau aku dari usia anakku 4th mulai dijadikan teman agar dia semakin pede dan mau bercerita tentang apa yabg menimpanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya biar anak merasa pede dan nyaman bercerita yah

      Delete
  26. Anakku umur 9 tahun belum paham mana teman yang baik dan tidak, jadilah dia selalu ngalah sama temannya kalau dinakalin :)) Dia percayaan banget sama teman2nya, dimintain tolong apaaa aja manut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu anakku gitu mak, sekarang alhamdulillah dia udah bisa melawan dan membela dirinya sendiri

      Delete
  27. Anakku juga sgini usianya.. seneng ya denger keluh kesah mereka ttg temen2nya.. hehe. Usia segini temen2nya udah pada mens.. anakku belom. Dia jadi penasaran kok ga mens2 haha.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)

Follow Us @soratemplates