Thursday, 1 November 2018

# parenting # Parenting Talks

Manfaat Menulis Untuk Anak

Assalamualaikum, 

Neng Marwah punya blog, hehe. Ya, jadi awalnya dulu tahun 2014 saya memang sudah membuatkan blog untuknya. Dulu saya yang ketik dan dia yang nulis di selembar kertas. Sekarang neng Marwah sudah full nulis sendiri di blog, ya tanda baca masih saya yang bantu rapiin. 



Sebenarnya saya ga langsung ngenalin neng Marwah ke dunia blogging, ini terjadi begitu saja. Mungkin neng sendiri yang suka denger "ibu ada acara blogger" dan ia mulai bertanya - tanya apa itu blogger sampai pas tahun 2014 saat itu neng masih TK B yang tiba - tiba minta dibuatkan blog. Katanya ia pun ingin menjadi seorang blogger, padahal saya yakin neng waktu itu sama sekali belum paham apa itu blogger. Namanya juga anak - anak kan suka gitu, apa saja yang sering ia denger suka tiba - tiba ingin. Padahal ga ngerti maksudnya apa. 

Saya sih dulu mikirnya neng kan suka nulis tuh, dia tuh suka banget cerita apa saja. Terus dia tulis dikertas, katanya dia bikin komik. Diselipin gambar - gambar unik khas dia. Jadi saya rasa kayaknya neng harus saya fasilitasi deh buat nuangin ide - ide dan hasrat menulisnya, maka saya buatin deh nengmarwah.blogspot.com belum saya kasi domain, hehe nanti aja kalau dia udah mau bener - bener serius nulis. 






Nyatanya, nulis untuk anak itu banyak banget manfaatnya yah. Selain menjadi media untuk menyalurkan emosi dan ekspresi diri anak juga anak tuh bisa mulai belajar untuk beropini. Bisa juga melatih kesabaran anak, mengasah komitmen anak juga dan banyak manfaat lainnya. Sama lah seperti menggambar atau melukis, nulis juga bermanfaat melatih kreativitas anak dan bisa menyalurkan serta mengembangkan imajinasi anak. 

Selain itu semua ada lagi loh manfaat menulis untuk anak, diantaranya : 

Menulis bisa meningkatkan intelegensi anak 
Jadi ya ketika anak mulai menulis itu kan tujuannya untuk memperkaya tulisannya nah seiring bertambahnya usia nantinya anak tuh bakalan kepancing buat melakukan riset dan belajar kosa kata baru. Ini terjadi pada neng Marwah, seiring nambah usianya dia udah mulai memperlihatkan bahwa sekarang sudah mulai mau menulis, kemarin saja dia mulai riset ringan. Dia banyak nanya tentang gimana rasanya punya adik, katanya dia mau menulis " Tak punya adik tapi bahagia" gitu katanya, entah sih apa yang ada dalam benak nya, namun saya liat kok neng Marwah sudah banyak nanya, ternyata ia lagi melakukan riset pemirsa, hehe. 


Jadi untuk menyelesaikan satu tulisan tuh anak dituntut untuk berpikir sistematis dan terstruktur kan yah jadi disini nih anak akan terus mengasah intelegensinya. Anak juga menjadi meningkat kemampuan verbalnya dan insya allah ini akan menopang performa akademisnya juga, di sekolah kan ga jauh - jauh dari menulis, ya kan? 


Menulis bisa melatih anak mengeluarkan pendapat secara bijak
Neng Marwah sekarang tuh sudah bener - bener nulis sendiri, langsung ke blog meski proses editting tanda baca masih dibantu ibu. Tapi neng Marwah tuh sekarang udah bisa membentuk kalimat yang pas, yang ngalir secara alami. Neng juga paham bahwa ketika menulis dan dibaca orang lain, tulisan ga bisa ditarik lagi, beda ya sama kalau bicara langsung. Dalam tulisan, anak jadi mulai belajar mengeluarkan pendapatnya dengan bijak.

Dengan menulis anak jadi belajar merangkai kata menjadi kalimat yang baik 
Dulu pas neng baru belajar nulis, awalnya tuh dari satu dua kata. Jadi neng tuh ungkapin perasaannya hanya beberapa kata " Aku lagi bahagia" atau " Tadi aku jatuh, sakit sekali" . Seiring bertambah usianya neng Marwah, kata - kata itu berkembang menjadi sebuah kalimat yang lumayan lah bisa dibaca dengan baik, hehe. Bahkan sekarang neng sudah bisa bikin banyak kalimat loh.

Melatih kesabaran anak dengan menulis
Kalau pas lagi marah, kesal atau sedih pastinya emosinya pun bakalan ga stabil kan? Nah saya biasanya kalau neng lagi marah atau kesal suka saya suruh nulis aja, jadi neng bisa menuangkan kesedihan atau kekesalannya lewat tulisan dan perlahan emosinya bakalan stabil, ini juga bikin anak lebih sabar karena anak kan harus belajar menjabarkan stau persatu isi hatinya.


Dan tentunya masih banyak manfaat lainnya dari menulis. Mudah - mudahan neng Marwah konsisten menulis yah. Meski masih pendek - pendek, gapapa lah ya namanya juga baru belajar hehe. 



Wassalam,


Ibu 








18 comments:

  1. Aku kalah semangat sama neng Marwah ini mah xixixi. Neng Marwah udah dari 2014 produktif ngeblog. Aku langsung cus kepo ke blognya neng Marwah tapi belum ninggalin jejak. Postingan pertamanya duh gemes, pake lipen. Dekripsi sama fotonya gemes. Aamiin, semoga neng Marwah konsisten. Pendek-pendek juga tapi jleb sama bikin aku bahagia pagi ini kalimat-kalimatnya.

    Banyak banget ya teh manfaatnya mengenalkan menulis kepada anak sejak usia dini. Nanti kujuga mau begini kalau udah nikah kemudian punya anak ☺ izin share ya teh Tian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya nih Gilang Marwah tuh seneng banget nulis dan bercerita, meskipun ceritanya masih gitu - gitu aja haha tapi yang penting dia suka aja . makasih yaa Gilang udah mau baca blognya neng Marwah

      Delete
  2. saya juga ingin anak belajar menulis, apalagi anak laki saya itu kadang kurang bisa mengungkapkan perasaannya. udah dibuatkan blog juga tapi daru dulu baru 1 tulisannya hehe, itupun tentang permainan game ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau cowok kan emang kurang bisa mengungkapkan perasaannya yah, beda sama perempuan.

      Delete
  3. Pas banget anakku mulai tertarik nulis2 di ms word, pingin aku buatin blog gratisan dulu buat menyalurkan idenya. Thx yaa mba :)

    ReplyDelete
  4. Wah hebat ini neng Marwah sudah dibuatkan blog, biar bisa kayak mamah ya selalu memberikan informasi yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  5. Jadi ingin berkunjung ke blog Neng Marwah nih. 😉

    ReplyDelete
  6. Uwaa neng marwah hebatt.. kira2 nanti Hill tertarik nulis gak ya klo udah TK :D

    ReplyDelete
  7. Aku uda baca blog Neng Marwaah...
    MashaAllah~
    Cantik banget.

    Tulisan khas anak-anak.

    **faanns eneng...

    ReplyDelete
  8. Suatu saat aku akan ajarin Salfa juga buat nulis. Sekarang sedang asyik nulis di Wipe and Clean Book.
    Lumayan sudah bisa nulis namanya lurus dan lengkap di usia 3-4th

    ReplyDelete
  9. Sayang anakku blm bisa nulis hehe. Tapi alhamdulillah suka baca, ntr kalau dah bisa nulis mungkin jg kusuruh menuangkan perasaannya di diary or blog :D

    ReplyDelete
  10. Wah, jadi keidean juga nih Mba pengen buatin blog buat anakku. Kalau sekarang kami nulisnya masih di buku harian bersama, saling nulis dan cerita di situ. Awalnya dia yang pengen karena nonton Maruko yang punya buku harian bersama ibu. Akhirnya keterusan sampai sekarang deh. Seru!

    ReplyDelete
  11. Wah anaku kayanya harus di suruh nulis neh biar tersalur emosinya

    ReplyDelete
  12. Wah, aku setuju mba. Menulis bikin kita bisa merangkai kata yg baik, trus kedepannya kita bisa lbh santun saat bicara sama org lain :)). Semoga makin banyak anak2 yg suka menulis ya.

    ReplyDelete
  13. waah neng marwah suka menulis juga ya...
    klo krucilsku yg suka nulis ka alinga sih
    ini masih diikuti aja passionnya dia blom dibekali sm ilmnu atau teknik menulis
    ia jg suka mengekspresikan diri lewat tulisan

    ReplyDelete
  14. Duhh, jadi keingetan anak2 di rumah. Dulu waktu kecil, mereka suka menulis. Pada sering nulis cerita sendiri. Sampe minta ikut pelatihan nulis. Tapi sekarang, begitu ABG, dan punya gadget sendiri, jadi pada males. Huhuhu... gadget berperan besar nih. Susah banget balikin hobi nulis lagi. :(

    ReplyDelete
  15. Kalau kupikir-pikir bisanya saya punya blog jg mungkin karena kecilnya suka nulis buku diary. Bener banget poin2 di atasnya, mba.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)

Follow Us @soratemplates