Morinaga Allergy Week, Menjadikan Ibu Lebih Paham Tentang Alergi Pada Anak - Cerita Ibu - Parenting Blogger Indonesia

Sunday, 27 May 2018

Morinaga Allergy Week, Menjadikan Ibu Lebih Paham Tentang Alergi Pada Anak

Neng Marwah, usianya akan menginjak 10 tahun, bulan depan. Selama 7 tahun , neng Marwah saya paksakan untuk minum susu formula sapi padahal sebenernya dia alergi susu sapi. Ya, saya kurang informasi dan benar - benar tidak bisa membaca pertanda alergi pada neng Marwah. Duh padahal kan seharusnya sebagai seorang ibu saya harusnya lebih peka akan tanda - tanda alergi pada neng Marwah. Tanda yang paling mencolok adalah kulit neng Marwah yang mengalami bercak merah kemudian menghitam dan berbekas, saya pikir neng Marwah kena gigitan nyamuk atau alergi debu. Kemudian napasnya yang bunyi ketika tidur, saya pun mengira ini karena neng Marwah kegendutan, saya benar - benar tidak tahu bahwa yang anak saya alami itu adalah salah satu pertanda anak mengalami alergi susu sapi.


Sampai pada akhirnya saya pun konsultasi dengan dokter anak tentang tanda - tanda yang ada pada kulit neng Marwah dan nafasnya yang bunyi itu, ternyata neng Marwah mengalami alergi susu sapi dan disarankan untuk konsumsi susu soya saja. Duh saya langsung merasa bersalah, 7 tahun dong neng Marwah terus menerus konsumsi susu formula sapi. Saya pun langsung menanyakan pada dokter untuk memberikan rekomendasi susu soya yang bagus kandungannya untuk tumbuh kembang anak, alhamdulillah dokter anak nya langsung memberikan rekomendasinya, susu Morinaga Chil School Soya karena waktu itu neng Marwah usianya sudah 7 tahun.

KENALI ALERGI

Setelahnya  sayapun langsung searching - searching informasi seputar alergi susu sapi pada anak, saya pun akhirnya cek alergi neng Marwah di www.cekalergi.com . Saya isi data usianya neng Marwah dan semua data yang dibutuhkan. Ternyata neng Marwah memiliki 20 - 40% memiliki riwayat alergi.

Makanya dengan tulisan ini saya ingin sekali berbagai pengalaman dan informasi tentang seputar anak yang alergi susu sapi dan solusinya. Sebelumnya saya pengen cerita dulu tentang cara mengenali alergi pada anak.


Sebelumnya kita cek dulu faktor -faktornya. Jadi ada dua faktor yang menyebabkan terjadinya alergi, adalah faktor genetik dan faktor lingkungan.

FAKTOR GENETIK , anak biasanya mendapatkan alergi yang diturunkan oleh orang tuanya yang memiliki riwayat alergi, biasanya jika orang tua memiliki riwayat alergi maka anak akan mengalami peluang memiliki alergi lebih tinggi dibandingkan anak dengan orang tua yang tidak memiliki alergi.


FAKTOR LINGKUNGAN, sistem kekebalan tubuh dalam mendapatkan ancaman dari luar, nah ketika ancaman yang berupa bakteri atau virus menyerang, sistem kekebalan tubuh akan melindungi tubuh dengan cara menghasilkan anti bodi, jika memang dalam keadaan normal. Namun jika dalam keadaan alergi, sistem kekebalan tubuh salah mengenali bahan yang semestinya tidak berbahaya sebagai ancaman sehingga menimbulkan reaksi alergi. Bahan ini biasanya disebut dengan istilah alergen. Alergen sendiri bisa saja berasal dari makanan, debu / serbuk tanaman / bulu hewan/ jamur, lateks, sengatan serangga dan juga alergi pada obat - obatan.


KENALI GEJALA ALERGI 

Pertama yang harus diketahui adalah bahwa alergi itu adalah reaksi abnormal dari sistem kekebalan tubuh yang cukup banyak ditemukan. Alergi protein susu sapi adalah salah satu alergi yang memang sering terjadi pada bayi dan anak. Kenapa? Dikarenakan protein susu sapi itu adalah salah satu jenis protein yang memang pertama kali diberikan pada bayi.

Gejalanya sih beragam diantaranya adalah :

  • Gangguan pada kulit 
  • Gangguan pernapasan
  • Gangguan pencernaan 


KEJADIAN ALERGI 

Dari www.cekalergi.com

Alergi pada anak bisa saja muncul dalam suatu rangkaian yang disebut dengan allergic march, ini umumnya berawal pada masa anak - anak. Allergic march ini terdiri dari beberapa reaksi, seperti reaksi makanan, eksim atau dermatitis atopik, asma dan juga rinitis alergi. Untuk alergi neng Marwah yang mencolok adalah dermatitis atopik dan ranitis alergi nya. 

Pada waktu neng Marwah bayi itu dari usia 3 bulanan deh kalau saya gak lupa mengalami alergi dermatitis atopik ini, namun saya cuek karena pemahaman saya tentang alergi belum banyak nyaris tidak tahu malah. Tapi saya masih ingat gejala awal ini pada neng Marwah. Ketika neng Marwah memasuki usia pra sekolah agak better lah dari usia sebelumnya, namun masih belum sembuh. Kemudian muncul deh rinitis alergi ketika neng berusia 3 tahun an. Setiap pagi bersin tiada henti, kalau ada pemicunya langsung pilek dan suka lama kalau neng batuk pilek. Rinitis alergi dan alergi makanan seperti kacang dan makanan laut ini sih cenderung bakalan kebawa sampai anak dewasa. 

Tidak ada kata terlambat kok, meskipun saya baru tahu tentang alergi susu sapi ini ketika neng Marwah berusia 7 tahun namun masih bisa kok diatasi dengan memberikan chil school susu soya dari Morigana. 

 Mencegah dan Mengatasi Alergi Susu Sapi

Jika temen - temen memiliki anak yang memiliki risiko tinggi mengalami alergi susu sapi, ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan sebelum gejala alergi muncul, diantaranya : 

  • Wajib ASI ekslusif selama 6 bulan pertama. 
  • Selama kehamilan dan setelah bayi lahir, hindari paparan asap rokok. 
  • Memperkenalkan makanan padat pada anak mulai dari usia 6 bulan. 
  • Jangan menunda memberikan telur, kacang, ikan dan juga makanan laut pada anak, ketika anak mulai mengenal makanan padat, kenalkanlah. 
  • Pemberian susu formula protein Terhidrolisat parsial (P-HP) dan protein terhidrolisat penuh untuk bayi yang tidak diberikan ASI.
Susu Formula Protein Terhidrolisat Parsial (P-HP) memiliki rantai protein yang lebih pendek dan juga mudah dicerna sehingga ini memungkinkan untuk menyebabkan alergi lebih kecil. 
Gimana nih kalau sudah diberikan ASI namun masih menunjukkan gejala alergi? 

Untuk kejaian seperti ini, ibu menyusui tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi susu sapi, telur, ikan , kacang umbi, kacang pohon (almond, kenari). 

Pencegahan yang tepat dilakukan sejak dini ini mampu menghindarkan anak atau bayi dari alergi.



MORINAGA ALLERGY WEEK 

Kebiasaan saya jika anak konsumsi susu formula saya pasti langsung rajin pantau sosmed dan website nya dan forum - forumnya juga. Termasuk follow fan page Facebook Morinaga Allergy week, beberapa waktu lalu sudah mengadakan workshop playdate bersama dokter anak di Jakarta dan Bekasi. 


PT. Kalbe Nutritionals sebagai salah satu perusahaan nutrisi di Indonesia ini memiliki perhatian yang cukup besar pada anak -  anak yang memiliki alergi. Morinaga sebagai produk unggulan PT. Kalbe Nutritionals ini mendukung program tahunan World Allergy Week yang digelar rutin setiap tahunnya. Ini merupakan program edukasi untuk meningkatkan pemahaman orang tua akan alergi dan penyakit lain yang terkait, juga menggagas pelatihan dan sumber daya untuk melakukan diagnosa dan tindakan pencegahan.


Seperti yang terjadi pada diri saya nih, di Indonesia ini masih sedikit banget orang tua yang punya anak namun belum paham tentang alergi. Ketika anak mengalami alergi orang tua ga tau dan anak terus menerus diberikan pencetus alergi. Ini persis saya alami, saya terus menerus memberikan susu formula protein sapi pada Marwah. Akibatnya anak alergi yang terus terpapar pencetus alergi ini malah jadi rewel, dulu neng Marwah rewelnya karena gatal - gatal pada kaki nya dan sering bersin karena alerginya ini. Bisa saja kerewelan ini lah yang bikin anak males belajar dan agak susah main bersama teman - temannya, karena merasa terganggu dengan ranitis alerginya. 


Pada bahasan Wold Allery Week kali ini fokus pada topik dunia tahun 2048 yakni Dermatitis atopik atau eksim. Dermatitis Atopik ini penyakit radang kulit dan TIDAK MENULAR dna bisa kambuh secara berkala. HIlang dan timbul kembali. 

Morinaga ini konsisten banget ya melakukan edukasi seputar alergi, dimulai dari pemahaman, pencegahan dan solusinya. Supaya anak yang menderita alergi bisa tetap tumbuh secara optimal. Kalau orang tuanya tidak paham maka tumbuh kembang anak akan terganggu stimulasinya. Jika alerginya tidak cepat diatasi maka penyakit dermatitis atopik ini hanyalah gejala awal dan bisa saja merembet ke asma atau ranitis alergi, seperti anak saya sudah masuk ke ranitis alergi. Mudah - mudahan neng Marwah selalu sehat yaa nak. 

Lantas solusinya untuk anak yang alergi apa, Tian?

Agar anak dengan alergi bisa tetap tumbuh dengan baik maka nutrisinya perlu diperhatikan , karena nutrisi yang dibutuhkan tetap sama besarnya dengan nutrisi anak lain yang tidak memiliki riwayat alergi. Sebagai orang tua saya harus ektra memperhatikan nutrisi anak, harus lebih teliti lagi karena kan nutrisinya itu harus disesuaikan, jangan sampai deh nutrisi yang diberikan justru mengandung pencetus alergi anak. 


Untuk anak yang seperti neng Marwah alerginya sama protein susu sapi otomatis susu sapi harus dihindari karena menjadi pencetus alerginya. Makanya saya disaranin dokter anak nya untuk memberikan produk #SusuAlergi dari #Morinaga dari PT. Kalbe Nutritionals memiliki produk yang sudah dirancang dengan konsep Morinaga Allergy Solution.

Morinaga Allergy Solution ini apa sih intinya? 


  • Menjadi solusi untuk pencegahan alergi, diantaranya itu berupa nutrisi protein hidrosat parsial dan nutrisi soya. 
  • Produknya tersedia untuk semua usia anak sampai dengan anak 12 tahun. 4 kelompok usianya itu 0 - 6 bulan ( produk BMT ), 6 - 12 bulan (Produk Chil Mil), 1 - 3 tahun ( Produk Chil Kid) dan 3 - 12 tahun ( Produk Chil School
  • Produk - produk nya itu mengandung nutrisi brain care (untuk perawatan otak). body defense (pertahanan tubuh) dan body growth (pertumbuhan tubuh), lengkap kan?  
Untuk brain care, produk Morinaga ini dirancang dengan kandungan protein penting, seperti kolin, DHA, AA, asam linoleat, asam alfa linoleat dan juga zat besi yang peranannya itu signifikasn untuk mendukung kerjanya otak. Proteinnya juga mampu mengembangkan sistem saraf dan penglihatan. 



Untuk kebutuhan body defense, Morinaga ini mengandung kombinasi bakteri probiotik Bifidobacterium longum BB536, Bifidobacterium breve M-16V, dan prebiotik FOS. FOS ini ternyata penting loh untuk membantu menaikkan jumlah bakteri Bifidobacterium ke saluran cerna anak agar saluran cerna anak bisa bekerja dengan baik. Dan juga mengandung nukleotida supaya pematangan saluran cerna anak. 

Produk #susuMorinaga ini ada dua macam produknya yang sudah dirancang dan dikonsep dengan Morinaga Allergy Solution, adalah MORINAGA PHP dan MORINAGA SOYA. Keduanya tidak mengandung protein susu sapi, jadi ini oke banget untuk dikonsumsi anak yang memiliki alergi terhadap protein susu sapi.


MORINAGA PHP , artinya itu Morinaga Protein Hidrolisat Parsial. Apa sih itu? Adalah protein yang prosesnya itu secara enzimatis, agar sistem pencernaan anak mampu mencerna nutrisi yang masuk itu lebih gampang. Fungsinya protein disini untuk mengurangi kejadian hipersensitivitas yang kebanyakan meresahkan anak setiap pencetus alergi itu datang. Dengan konsumsi Morinaga PHP ini harapannya alergi anak jarang kambuh. Morinaga PHP ini cocok untuk anak yang bukan hanya memiliki alergi protein susu namun juga jika anak alergi pada protein kacang kedelai. Susu Morinaga PHP ini hanya untuk anak sampai 3 tahun saja. Mudah - mudahan anak bisa adaptasi lebih baik lagi pada pencetus alerginya ya, aamiin. Jadi kan bisa minum susu kedelai lah minimalnya. 

http://www.cekalergi.com/
MORINAGA SOYA, ini susu yang neng marwah konsumsi sampai saat ini dari usia 7 tahun.  Bahan dasar morinaga soya ini dari bahan dasar protein kedelai yang diisolasi. Supaya tumbuh kembang anak berkembang dengan optimal maka produk Morinaga soya ini diberikan juga  L-Metionin, kartnitin, vitamin dan juga mineral yang memang disesuaikan dengan kebutuhan usia anak. Kandungan susu soya ini mampu gantikan  susu sapi. Sama - sama mengandung asam amino untuk brain care, asam amino dalam Morinaga soya ini difortifikasikan lagi dengan L-Metionin, sistein dan taurin untuk otak anak supaya tumbuh dan berkembang pesat. 
http://www.cekalergi.com/

http://www.cekalergi.com/

http://www.cekalergi.com/
Morinaga soya ini lebih sering dipilih para ibu untuk anaknya yang mengalami alergi protein susu sapi. Salah satu susu yang neng Marwah konsumsi dan sukai adalah #ChilSchoolSoya, ini sudah pernah dilakukan survey oleh Home tester club Indonesia yang menyatakan 9 dari 10 ibu puas dan merekomendasikan ChilKid / ChilSchool Soya sebagai solusi terbaik alergi untuk anak yang alergi mencari nutrisi untuk tumbuh kembangnya. 
Untuk lebih lanjutnya temen - temen bisa baca - baca info lebih banyak tentang #SolusiAlergi di akun sosial media nya Morinaga. 
Instagram: @MorinagaPlatinumTwitter: @MorinagaID.
Youtube: Morinaga Platinum. 

Sejauh ini alhamdulillah neng Marwah suka sama rasa Chil School Soya nya dan pencetus alerginya juga dihindari jadi neng Marwah sekarang agak kurang didatangi gejala ranitis alerginya. oiya Akbar juga sekarang maunya minum susu Chil Kid Soya nya karena memang Akbar juga dilihat ada pertanda gejala alergi juga seperti neng Marwah jadi buat penanganan awal saya kasi aja CHil Kid Soya nya.


Semoga sehat selalu yaaa neng Marwah dan Akbar. Aamiin.




With love,

IBU 

28 comments:

  1. alergi pada anak bisa karena gen juga ternyata, nambah ilmu lagi nih buat persiapan kalo udah punya anak nanti hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya wajib belajar sejak dini biar siap lahir batin wkwk

      Delete
  2. Wah jadi tahu nih, untung ada Morinaga Soya ya Teh🤗

    ReplyDelete
  3. eleuh teth marwah alergi baru tau sampe nafas engrok2an alhamdulilah ya teh skrg ada inovasi de morinaga soya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah rada mendingan setelah pakai susu soya mah

      Delete
  4. Kesehatan adalah nikmat yang luar biasa yaa, teh...
    Begitu anak sakit, mashaAllah...sedihnya hati ini.
    Alhamdulillah sudah ketahuan neng Marwah kalau alergi, jadi penanganan berikutnya bisa tepat dan sesuai.

    Sehat selalu neng Marwah dan Akbar.

    ReplyDelete
  5. Morinaga emang sangat tepat membantu buibu yang anaknya punya alergi yaa

    ReplyDelete
  6. Bener banget. Aku pun jadi tahu adanya Allergy Week. Mengedukasi para ortu banget ya tentang alergi pada bayi.

    ReplyDelete
  7. Rashya alergi nih... Jangankan dia yg makan makanan pemicu alergi, saya yg makan aja DAnya langsung kambuh...

    ReplyDelete
  8. Al nih sudah kena eksim dan memang sering kambuh kl cuaca sedang kering

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus lebih ektsra diperhatikan lagi asupan nutrisi dan makanannya yah

      Delete
  9. Alhamdulillah, Neng Marwah suka dengan Childschool soya. Jadi tetap bisa mengonsumsi susu tanpa takut terkena alergi ya..

    ReplyDelete
  10. Kalau Akram dulu alergi susu yg menyebabkan pencernaannya terganggu. Tapi sekarang udah nggak lagi sih. Inget dlu minum chilkid juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yah anak - anak itu suka beda - beda kambuh alerginya

      Delete
  11. Wah, kasihan atuh neng Marwah :((
    Berarti kalo soya lebih aman yah Tiaaaan,
    Moga sehat2 terus yah neng Marwah..

    ReplyDelete
  12. Waah ternyata rhinitis itu awalnya sana yaa. Ya tidak ada kata terlambat mudah mudahan sehat terus yaa Teh Marwah 🙂

    ReplyDelete
  13. Sahabat akoh, semoga sehat selalu yaa :*

    ReplyDelete
  14. Dampak alergi yang aku alami lebih ke pencernaan dan itu sunguh ga nyaman. Bersyukurlah buat yang ga punya alergi atau ga serius

    ReplyDelete
  15. Teh sharingnya bermanfaat banget. Aku klo pagi suka bersin2. Ternyata itu namanya rinitis ya.... Aku kira karena kedinginan aja, tapi ampir tiap pagi. Dan suka tiba2 pilek klo kena debu, panas, sama dingin.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)