a mother treasure is her daughter

Thursday, 21 February 2019

Cara Menangani Perubahan Mood Pada Anak

20 comments
Bismillah, 

Perubahan mood anak usia pra - remaja, ya antara usia 10 - 12 tahun ini masalah yang bikin bingung saya sebagai ibu, karena mood mereka tuh berubah - ubah. Kadang anak udah mulai menjawab ketus kalau disuruh beresin bukunya atau disuruh apa aja ya mungkin saja moodnya sedang tidak baik jadi jawabannya ketus. Mau dimarahin juga percuma, gitu lagi gitu lagi sampai pening kepala ibu.

Cara Menangani Perubahan Mood Pada Anak

Mood anak usia 10 - 12 tahun ini bisa dikatakan unik loh, namun memang itulah emosi anak usia itu, naik dan turun. Ya, namanya juga anak sedang dalam fase masa peralihan dari masa kanak - kanak ke masa remaja. Gitu kali yah? 

Menurut data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, usia pubertas memang bervariasi jadi ga bisa pukul rata usia sekian sekian. Namun sebagian besar anak mengawali masa pubertasnya itu start from usia 8 sampai 13 tahun an itu untuk anak perempuan, sedangkan untuk anak laki - laki antara usia 9 sampia 14 tahun an.

Cara Menangani Perubahan Mood Pada Anak

Mood anak usia ini tuh mirip roller coaster , yang kadang baper an banget terus tiba - tiba biasa aja, jadi kadang saya bingung sendiri menghadapinya. 

Perubahan mood yang kayak gimana sih yang paling sering dialami? Inilah beberapa perubahan mood yang suka terjadi sama neng Marwah, semoga bermanfaat. 

Cara Menangani Perubahan Mood Pada Anak

Baca : Perubahan Emosi Anak Perempuan 10 Tahun

Super sensitif
Neng Marwah sekarang tuh lagi sensi an, dikit - dikit diem, dikit - dikit kesinggung. Drama queen banget lah. Kebentak dikit suka diem langsung dan air matanya langsung membasahi pipi, huhuh. Pokoknya kadang ibu suka serba salah jadinya. Dimarahin salah, gak dimarahin juga salah. Jadi memang pada usia ini, saya sebagai ibu harus lebih banyak belajar mengontrol kesabaran dan emosi jadi memang bener - bener harus sabar banget.

Tantrum
Jujur, ketika neng Marwah masih kecil malah jarang tantrum, ga pernah sama sekali kayaknya deh. Eh tapi diusia sekarang, malah hal - hal remeh temeh aja bisa bikin neng Marwah tantrum kayak balita lagi, kadang suka menghentakkan kaki, suka teriak juga dan suka mukul barang yang ada didekatnya. Oke, tarik nafas ibu harus sabar. Ini adalah fase  pertumbuhan emosinya neng Marwah dan akan segera berakhir, huh. Jadi saya memang harus bersikap tenang dan cuek aja, namun saya harus banget menunjukkan bahwa saya paham bener isi hatinya dia. Jadi dengan begitu anak bakalan mau cerita dan curhat, insya allah. Perlahan saya pun harus berusaha mengajarkan neng Marwah cara untuk meredam emosi, jadi ga selalu menunjukkan emosinya.

Cara Menangani Perubahan Mood Pada Anak
Lagi bete, nonton youtube aja deh 

Cemberut 
Kalau liat muka neng Marwah lagi cemberut dan sedih saya suka nanya, "ada apa?" palingan neng jawabnya " ga apa - apa" tapi masih dengan wajah sedih dan cemberut gitu, ah mungkin neng lagi bete aja. Saya biarin aja dulu selama 10 menit sampai akhirnya neng Marwah sendiri yang mau cerita sama saya dan curhat tentang masalahnya. Kadang suka diejekin temennya aja bikin kesel eh besoknya udah biasa lagi kok, gitulah memang emosi anak usia pra remaja bikin teka teki. Jadi sebagai orang tua saya harus benar - benar mau meluangkan waktu untuk neng Marwah sharing dan curhat tentang masalahnya dan mencari jalan keluarnya.

Itulah beberapa perubahan mood yang sering terjadi pada anak perempuan pra remaja. Semoga anak - anak tumbuh menjadi anak hebat. cerdas, berahlak mulia dan sehat. Aamiin.




             With Love,
                    Ibu 


20 comments:

  1. Wah anakku banget nih mbak mood nya berubah2. Makasih sharingnya ya mbak ku mw coba terapkan sama anakku

    ReplyDelete
  2. anakku baru mau 8 tahun, berarti beberapa tahun lagi dia bakal abg ya, aduh aku jadi galau takut ga bisa ngimbangin anakku, soalnya adeknya masih ada yang 3 tahun sm 5 bulan, kadang susah buat beda2in perlakuan sesuai umur mereka

    ReplyDelete
  3. persiapan ilmu untukku 7 tahun ke depan. Anak batita ngambek aja bikin kepala mamanya pusing, gimana nanti ya kalau sudah lebih besar, akan lebih banyak pola nya karena sudah punya keingininan sendiri

    ReplyDelete
  4. Waduuh kalau anak laki-laki gimana yaa, kalau pas tantrum jangan-jangan lebih galak lagi hahaa. Anakku sekarang 8 tahun, kudu siap-siap buat 2 tahun lagi nih :))

    ReplyDelete
  5. Neyna juga suka gitu moodnya ubah2, apalagi kalau bangun tidur nih suka ujug2 nangis teh duh suka emosyenel mamaknya wkwkwk orang ga ada angin ga ada hujan tau2 ya ngamuk taunya pas udah reda nangisnya gara-gara rambutnya berantakan kuncirannya *elus elus pantat sapi kesel bat dah :D

    ReplyDelete
  6. Anakku yang kecil pra-remaja, 10 dan yang gede remaja 14 tahun
    Jadi kebal emaknya dah..moodnya gak bisa ditebak.
    Sehat, pinter dan solehah ya Neng Marwah :)

    ReplyDelete
  7. Penasaran dengan anak cowok kayak gimana ya?
    Semoga mamak ini bisa lebih sabar dan bijak hadapinnya aamiin.

    Jadi ibu emang seru sekaligus amat sangat menantang ya.
    terlebih saya yang gapunya saudara laki tapi anaknya laki keduanya hehehe

    ReplyDelete
  8. Wah 10an tabun ya mbak?
    Ini anakku cewek yang 4 tahun suka berubah moodnya gtu. Apa semua anak cewek ya haha. Soalnya yang cowok tu gk gtu.
    Tapi kalau yg 10 tahun kyknya iya sih masa pubertas itu pengaruh yaa. Thanks artikelnya persiapan anakku jd gadis hehe

    ReplyDelete
  9. Yup bener kakak, perubahan mood dan emosi terjadi pada usia anak 10 tahun, oleh sebab itu kita sebagai orang tua harus memahami hal ini

    ReplyDelete
  10. ternyata anak remaja itu sulit ditebak ya mba moodnya, iya sih dulu juga saat saya remaja juga gampang baperan. Anak-anakku cowo kira-kira nanti bakal sama gak ya kayak remaja cewek :D

    ReplyDelete
  11. Wahhh.. anak Saya laki-laki semua mba.. adakah sharingnya tentang perubahan mood anak laki-laki?

    ReplyDelete
  12. Anakku yg sulung ini juga pra remaja. Sekarang malah sering mengeluh. Dan ngalah2in wkt dia kecil kmrn. Ini kalinya yg namanya tantrum anak pra remaja?

    ReplyDelete
  13. Anakku ce yang 13 juga gitu suka maeah, tantrum, cemberut, duh kalau aku lagi capek suka ngomel juga. Padahal bukan itu yang dia butuhkan, kalau lagi rileks paling aku diemin terus ajak ngobrol biar happy.

    ReplyDelete
  14. Bak, seru deh punya anak gadis yang udah gede. Hahahaha

    Aku baca ini jadi kepikiran, semiga bisa jadi seorang ibu yang peka dan tahu gimana caranya jadi sahabat anak-anak ketika mereka sudah remaja

    ReplyDelete
  15. Anak remaja sekarang kalau diminta bantu-bantu di rumah seringnya menunda-nunda dengan bilang, "sebentar"... tapi kalau nggak dikejar terus bisa jadi tugas nya nggak akan dikerjain

    ReplyDelete
  16. anak yang sedang beranjak remaja punya mood berbeda gitu yaaa Mbak, tapi sebagai Mama kita harus sabar ya, gak boleh balas marah, malah sebaliknya harus lebih dekat ke anak agar mereka tidak merasa dijauhi atau diabaikan ya Mbak :)
    anak-anakku cowok semua ini, gimana ya nanti perubahan mood nya :D

    ReplyDelete
  17. Anakku yang sulung noh..moodyan. jadi Ibunys perlu melihat sikon anak dan perlu terus belajar bagaimana cara menghadapi kondisi anak saat sedang moodyan. Semangat kita para mommy mommy

    ReplyDelete
  18. anak perempuan memang cenderung lebih sensitif ya mba, jadi gampang banget berubah-ubah perasaananya. anak ku masih kecil tapi bisa jadi referensi nih tulisan mba tian.

    ReplyDelete
  19. anak perempuan pertamaku juga gini nih.. mood nya cepet banget berubah2nya.. udah gitu anaknya emang baperan.. itu baru 5tahun umurnya hihihi gak kebayang tar dia seumur marwah kayak gimana

    ReplyDelete
  20. Mantep mba Tian, jadi bisa belajar memahami mood anak dulu sebelum nantinya diamanahin hehe

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)