Tuesday, 1 December 2015

#SelasaRumahTangga : Tips Jitu Komunikasikan Keuangan Bersama Pasangan

Selamat datang Desember, ini postingan tentang #SelasaRumahTangga pertama dibulan Desember. 
Mengingat betapa pentingnya keharmonisan diantara ayah dan ibu dalam membimbing, mengasuh dan menjaga anak. Jadi, wajib dong pasangan suami istri itu bersikap selalu harmonis dan bahagia dalam mengendalikan dan menjalankan bahtera rumah tangga. Dalam hal ini, komunikasi sangat penting untuk mendekatkan dan membuat hubungan suami istri semakin harmonis. 
Oke, sekarang mari kita kupas masalah komunikasi dalam rumah tangga yang memang kadang suka disepelekan. Kadang untuk suami istri yang bekerja dan memiliki kesibukan masing - masing memang suka lupa berkomunikasi dengan pasangan, saya juga kadang suka lupa. Hal ini disebabkan karena kami sibuk. Alasan sibuk ya klasik sih, untuk mencari nafkah, hhohoho. Kadang gara - gara capek ketika ada masalah sedikit saja suka langsung deh adu mulut alias bertengkar, padahal masalahnya sepele banget. Apalagi kalau sudah menyinggung masalah keuangan, sensitif aja. 
Tapi setelahnya sih suka saling maaf - maaf an lagi, hehe. 
Kadang masalah keuangan suka menjadi pokok permasalahan yang bukan menjadi rahasia lagi dalam rumah tangga. Masalah keuangan ini harus lho dikomunikasikan bersama pasangan, namun bagaimana cara komunikasinya supaya tidak menyinggung dan tidak malah bertengkar lagi. 
Oke, jadi memang ada tips yang harus dilakukan ketika berkomunikasi tentang keuangan bagi pasangan suami isteri, diantaranya adalah : 
Hargai pendapat pasangan.
Kadang ye sebagai perempuan suka ingin saja pendapatnya diakui dan dianggap paling benar. Nah, sekarang tuh belajar deh untuk mendengarkan, mempertimbangkan bahkan menghargai pendapat pasangan, ya kalau bertolak belakang coba sharing aja dan jelaskan kenapa sampai tidak setuju. 
Waktu yang tepat.
Cari waktu yang pas dan tepat untuk berdiskusi masalah ini. Usahakan situasinya relax dan santai. Soalnya masalah keuangan ini rentan dan sensitif. Jadi harus benar - benar otak dan pikirannya terbebas dari segala beban. 
Bagi - bagi kerja. 
Maksud saya adalah membagi pekerjaan dalam mengatur keuangan. Misalnya suami bayar listrik, telepon, service kendaraan. Selebihnya isteri yang ngatur. Jadi ada keterbukaan juga dan suami isteri memiliki andil penting juga dalam pengaturan keuangan keluarga. 
Menentukan tujuan. 
Tentukan tujuan keuangan yang akan menjadi prioritas bagi suami isteri. Coba deh perhitungkan dana yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan itu, mulai menabung agar tujuan cepat tercapai. 
Kesepakatan.
Kesepakatan dalam pengeluaran, vital banget nih. Jadi harus ada sepakat diantara suami isteri dalam merencanakan pengeluaran keluarga. 
Jika belum berhasil, lakukan lagi, lagi dan lagi. Jadi jangan bertengkar hanya masalah keuangan, diskusikan saja. 

Selamat berdiskusi dan tetap harmonis :),


3 comments:

  1. aihh setuju banget deh, kalo ga pake rembugan gitu yang ada pasti lama2 bikin kacau...
    jadi inget cerita teman, si suami malah suka curhat kalo si istri seenaknya sendiri ambil duit suami, kadang dipakai foya2..
    duh daripada masalah keluarga bisa terdengar sampe ke orang luar, lebih baik memang harus dibicarakan dah dikelola bersama..

    ReplyDelete
  2. Diskusi bisa saja menghangat, namun tetap menghargai keputusan yg diambil Kepala Rumah Tangga yg tentulah hrs bijak.

    Sebagai wanita inilah yg kudu dipahami, meski ada juga wanita yg berstatus financial lebih dari suami. Terimakasih tipsnya ... bikin hubungan adhem ayem :)

    ReplyDelete
  3. setuju, mak. bagi-bagi tugas itu penting. hihi. biar ga kerasa berat karena ngerjain sendirian :D sekalian ngobrolnya juga tepat waktu ya, biar santai :D

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, berikan komentar yuk. Eh tapi saya mohon jangan masukkan link hidup yah, atau saya delete :)